Sunday, October 23, 2011

Tugas Etika Profese



Dalam keadaan sekarang, banyak hal baru yang terus bermunculan. Mulai dari HP yang semula hanya untuk berkomunikasi, kini mulai berkembang pesat. Mulai dari touch screen sampai android. Komputer yang semula perlu tempat CPU yang besar, kini sudah dapat dibawa kemana-mana dan dikemas menjadi bentuk laptop. Kini segala hal dikemas menjadi sesuatu yang cangih. Dulu yang dibilang tak mungkin, kini rasanya tak ada yang tak mungkin. Semua hal dari semua bidang dapat berkembang jauh lebih baik. Dan yang paling penting, kini semua informasi dapat dengan mudah diunduh di Internet. Semua dapat berkembang pesat karena perkembangan ICT.
                Itu semua merupakan hal positif yang dapat diambil dari sebuah ICT. Tapi karena semakin mudah dan murahnya teknologi  ICT untuk diakses, banyak orang yang  ‘lose control’ dalam menggunakan teknologi ini, hingga mereka kebablasan. Dalam arti, mereka melakukan hal yang tak seharusnya dilakukan, yang itu diluar etika dan budaya masyarakat luas.
                Pastinya dalam mengerjakan sesuatu pada semua hal di semua bidang, pasti ada etika dan aturan yang berlaku. Karena itu, kita sebagai warga Negara yang baik, harusnya dapat menjunjung tinggi etika dan aturan yang berlaku serta mematuhinya. Dalah bidang ICT, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dan ditaati. Dari beberapa sumber, saya mendapati hal yang sangat perlu untuk di perhatikan dalam penggunaan ICT, seperti :
  1. Pengguna ICT wajib menjunjung tinggi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sebagaimana telah diatur dalam perundang-undangan. Sebagai contoh adalah menuliskan sumber bacaan/ referensi yang digunakan untuk membuat tulisan tersebut.
  2. Tidak dibenarkan menggunakan user name/ user ID orang lain dan Passwordnya tanpa sepengetahuan pemilik resminya.
  3. Tidak merusak sistem orang lain dengan cara apapun
  4. Jangan memberitahukan password dan Username/ User ID anda kepada orang lain, karena itu sangat berbahaya.
  5. Tidak diperkenankan melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat.
  6. Bersikap sopan dan tidak mengeluarkan kalimat cacian/ kata-kata kasar kepada orang lain, meskipun kita kenal atau tidakk berhadapan langsung dengan orang tersebut.
  7. Gunakan seperlunya dan hanya untuk hal-hal yang bermanfaat saja.
  8. Jika anda menuliskan pesan/ message kepada orang lain, jangan sekali-kali menuliskan hal-hal yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Karena bisa saja pesan tersebut diteruskan atau di forward oleh si penerima kepada orang lain/ orang yang bersangkutan. Anda tentu masih ingat dengan Kasus Prita M, yang terjerat hukum hanya gara-gara menulis curahan hatinya melalui e-mail.
Sebenarnya masih banyak hal yang perlu di perharikan dalam penggunaan dan pelaksanaannya. Kenapa saya sangat tekankan penggunan etika dalam bidang ICT????
Sebuah hasil survei yang dilakukan ICT Watch menunjukkan data yang cukup mengejutkan. Bagaimana tidak? Sebanyak 72 persen responden yang terlibat dalam survei ICT Watch mengatakan pengguna Internet Indonesia kurang beretika ketika menyampaikan pendapatnya secara online.
Medium yang penggunanya dianggap kurang beretika tersebut adalah Social Networking (52%) dan Chatroom (21%). Adapun medium yang penggunanya dianggap sudah beretika yakni Forum (35%) dan Wiki (28%).
“Saat ditanyakan tentang acuan etika online yang khas (dirumuskan) oleh orang Indonesia? Mayoritas dari responden, 69% berpendapat bahwa acuan tersebut perlu tetapi belum ada hingga saat ini,” kata ketua pengurus ICT Watch Donny B.U. melalui keterangannya, Jumat (9/9/2011).
Setidaknya, hasil survei yang diikuti 475 responden di minggu pertama September 2011 ini sekilas memberikan gambaran mengenai pengguna internet di Indonesia.
Pernyataan ini sangat meresahkan dan sebagai bukti bahwa masih sangat perlu ditekankannya etika dalam ICT. Apa tidak malu? Kalian mengaku sebagai warga Indonesia tetapi mendapat predikat seperti itu!!
Maka dari itu, harusnya kita sudah mulai membuat perubahan. Mulai  dari diri sendiri , sampai mengingatkan teman dalam beretika dan menaati hukum yang berlaku.


AYO BERLOMBA UNTUK BERKARYA!!
DAN JANGAN LUPA!!
BERLOMBALAH JUGA UNTUK MENJUJUNG TINGGI ETIKA DAN HUKUM YANG BERLAKU!!
KARYA AMAN , HATI NYAMAN , BANYAK TEMAN , 
SUKSES DI TANGAN
(^-^)v
\(^-^\)(/^-^)/

No comments:

Post a Comment