Pembuatan class
· Class adalah rancangan tentang bagaimana object di buat
· Class dapat di sebut abstraction planing
· Nama class
1. Diawalidengan huruf besar
2. Tidak diawali dengan angka
Data member
1. Class == dimiliki class dan seluruh yang ada di dalamnya
2. 2. Object == member dinilai oleh object, jadi object berkuasa penuh (dapat menambah , merubah semaunya)
Ex:
Class == public static int bersama = 99
Object == public int a=0; (object dari suatu test member, jadi harus diinisialisasi terlebih dahulu)
Bentuk umum:
Class class name{
//deklarasi instace variable
Type var1 ;
Type var2 ;
//deklarasi method
Type method1 ( parameter ){
}//body of method
Type method2 ( parameter ){
}//body of method
}
Acsess modifier
Dikenal dengan 4p yaitu :
1. Public = dapat di lihat siapa saja
2. Package = boleh akses selama masih dalam folder yang sama
3. Protect = untuk kalangan tertentu uang di tentukan
4. Private = hanya class yang bias mem proses (self).(tempat menaruh datayang aman)
Ex: type var 1;
Public int A;
Public int saldo;
Package = tanpa awalan (default langsung di anggap package)
Ex: class vehicle
Int passager // member of passager
Int fueleap ; // fuel capacity
Constructure
Adalah sebuah method yang akan di panggil/dijakankan ketika akan dibuat object dan class tersebut
Ex: String str = new String(constructor)
· Nama constructor sama dengan nama classs
· Constructor tidak memiliki return value (void pun tidak boleh)
· Constructor boleh lebih dari satu ( overloading constructor)
Public class ContactPerson{
Private string nama;
private string notelp;
private string alamat
Public String to String (){
Return “nama”=”+nama =\n notelp + ”\n}
}
Public clas ContactPerson(){
Nama = “nama”;
Notelp= 9999;
Alamat = “jl”;
Public String to String (){
Return “nama”=”+nama =\n notelp + ”\n}
}
Constructor Object
Object is instance of class
Jadi dalam pembuatan membutuhkan class yang akan di instance
Ex:
Point OriginOne = new Point(23,99)
Jadi untuk membuat OriginOne berarti harus sudah ada class Point
No comments:
Post a Comment